Social Icons

Pages

Labels

Tuesday, March 20, 2018

Dua Khalifah Pertama


Agama Islam telah menjadi salah satu agama terbesar di dunia. Perkembangannya yang begitu pesat dalam jangka waktu yang relative singkat membuat para cendekia muslim maupun non muslim terpana dan bertanya-tanya sehingga mereka meluangkan banyak waktu untuk meneliti sejarah perjalanan agama yang unik ini. 


Agama ini disebarkan oleh Rasulullah saw. dan para sahabat sebagai pelanjutnya. Ketika Rasulullah saw. masih hidup, beliau adalah otoritas tunggal dimana segala permasalahan agama maupun dunia dikembalikan kepadanya. Sehingga permasalahan-permasalahan tersebut tak pernah diragukan. 

Namun setelah Nabi Muhammad saw. wafat, para sahabat menjadi panik karena Nabi sebelumnya tidak pernah menunjuk seseorang untuk menjadi pengganti sepeninggal beliau dan tidak pula meninggalkan wasiat untuk itu. Dan setelah melalui perdebatan yang cukup alot, akhirnya Abu Bakar terpilih sebagai pemegang estafet kepemimpinan Nabi setelah mendapat bai’at dari kaum muslimin.

Meskipun Abu Bakar mendapat bai’at dari semua kalangan umat Islam ketika itu, namun bukanlah berarti kekhalifahan yang ia pikul berjalan tanpa hambatan. Masa kekhalifaannya berlangsung selama 2 tahun 3 bulan 11 hari. 

Umar Bin Khattab sebagai Khalifah yang kedua setelah masa pemerintahan Abu Bakar. Umar merupakan kekuatan besar dan memiliki peranan dalam mengembangkan agama Islam, sehingga bukan hanya Nabi yang simpati padanya dan menaruh kepercayaan melainkan juga para sahabat Rasulullah SAW khususnya Abu Bakar. Dibidang pemerintahan langkah pertama yang dilakukan Umar sebagai Khalifah meneruskan berbagai kebijakan yang sebelumnya ditempuh oleh Abu Bakar dalam perluasan wilayah Islam keluar semenanjung Arab.





0 comments:

Post a Comment