Social Icons

Pages

Labels

Tuesday, March 20, 2018

Inilah Al Quran Itu!


Al-Qur’an yang secara harfiah berarti “bacaan sempurna” merupakansuatu nama pilihan Allah yang sungguh tepat, karena tiada satu bacaan-pun sejak manusia mengenal tulis baca lima ribu tahun yang lalu dapat menandingi Al-Qur’an. Sebagai Kitab yang memiliki kemukjizatan, Al-Qur’an menyajikan nuansa bahasa yang begitu indah, serta nuansa makna yang begitu dalam bagi siapa saja yang mampu menyelami makna tersebut.
Allah menurunkan Al-Qur’an kepada hambaNya agar ia menjadi pemberi peringatan bagi semesta alam. Ia menggariskan untuk makhluk-makhluknya itu satu akidah yang benar dan prinsip-prinsip ajaran yang lurus dalam ayat-ayat yang jelas dan tegas karakteristiknya. Itu semua merupakan karuniaNya kepada umat manusia, Dimana dia menetapkan bagi mereka pokok-pokok agama demi menyelamatkan akidah mereka dan menunjukan jalan lurus yang harus mereka tempuh.Ayat-ayat tersebut adalah Ummul Kitabyang tidak diperselisihkan lagi pemahamannya demi menyelamatkan umat Islam dan menjaga eksistensinya.
Baca juga : Pentingnya Munasabah Al Quran
Pokok-pokok agama tersebut di beberapa tempat dalam Al-Qur’an terkadang dinyatakan dengan lafadz, ungkapan dan gaya bahasa yang berbeda-beda tapi maknanya tetap satu. Maka sebagiannya serupa dengan sebagian yang lain dan maknanya cocok dan serasi. Taka da kontradiktif didalamnya. Adapun mengenai masalah-masalah cabang agama yang bukan masalah pokok, ayat-ayatnya ada yang bersifat umum dan samar-samar (mutasyabih) yang memberikan peluang kepada para mujtahid yang ilmunya telah memadai untuk mengembalikan kepada yang tegas maksudnya (muhkam) dengan cara mengembalikan masala cabang kepada masalah pokok, dan yang bersifat parsial (juz’i) kepada yang bersifat universival (kulli). Sementara itu beberapa hati memang ada yang memperturutkan hawa nafsu sehingga tersesat dengan ayat-ayat mutasyabih ini.Dengan ketegasan dan kejelasan dalam masalah pokok dan keumuman dalam masalah cabang tersebut, maka Islam menjadi agama abadi bagi umat manusia yang dapat menjamin kebaikan dan kebahagiaannya di dunia dan akhirat, dan di sepanjang zaman.


0 comments:

Post a Comment