Social Icons

Pages

Labels

Tuesday, March 20, 2018

Pentingnya Munasabah Al Quran


Al-Qur’an merupakan wahyu Allah yang diturunkan kepada Rasulullah saw. dan ditujukan kepada seluruh umat manusia. Di dalamnya terkandung ilmu yang demikian luasnya, yang apabila ditelaah dan dipelajari akan memberikan penerangan dan petunjuk serta membimbing manusia menuju jalan yang lurus, yaitu mengantarkan manusia kepada kebahagiaan hidup di dunia dan di akhirat. Oleh karena itu manusia dituntut untuk mampu menggali pesan yang terkandung di dalam al-Qur’an secara tepat dan benar terutama dalam menghadapi berbagai problema yang muncul di zaman ini.

Kendatipun posisi al-Qur’an begitu penting sebagaimana yang disebutkan di atas, untuk memahami al-Qur’an secara tepat dan benar tidaklah mudah. Sistematika al-Qur’an yang cukup unik adalah persoalan pertama yang muncul ketika memulai aktifitas untuk memahami pesan al-Qur’an secara integral.
Baca juga: Di Sini Masalahnya!
Memahami pesan al-Qur’an secara terpadu lewat pengungkapan rahasia sistematikanya adalah sangat penting, sehingga orang tidak memandang bahwa dalam al-Qur’an selalu ada yang kontradiktif. Kenyataan di lapangan, banyak orang yang tidak mengetahui cara memahami al-Qur’an seperti ini, padahal cara ini sangat penting untuk menemukan pesan-pesan Ilahi agar tercipta suatu rangkaian yang harmonis, yang dalam ilmu al-Qur’an atau ‘ulum al-Qur’an disebut sebagai Ilmu Munasabah  .
Ilmu ini muncul karena kenyataannya, sistematika ayat atau surat dalam al-Qur’an yang turun secara berangsur-angsur itu tidak didasarkan pada nuzulnya. Nabi Muhammad saw. sendiri juga tidak pernah menjelaskan mengapa meletakkan wahyu yang baru diterimahnya pada suatu surah.
Hal ini tentu mengandung rahasia yang tidak dapat dibiarkan begitu saja dalam memahami pesan-pesan Ilahi yang terdapat di dalam al-Qur’an, karena sudah pasti bahwa suatu ayat tidak mungkin diletakkan berdekatan dengan ayat lain kalau memang tidak memiliki relasi atau keterkaitan satu dengan yang lainnya. Ketidaktahuan tentang letak susunan al-Qur’an itu dapat membuat seseorang memahami ayat-ayat atau pesan-pesan Ilahi secara parsial. Sebagai akibatnya mereka akan melihat ayat yang satu dengan ayat yang lain saling bertentangan atau tidak sesuai dengan susunannya. Jika hal ini dibiarkan terus menerus akan mengakibatkan pemahaman yang fatal terhadap pesan-pesan yang terkandung di dalam al-Qur’an. Di sinilah letak pentingnya mempelajari dan mengetahui ilmu Munasabah al-Qur’an.
Pada kesimpulannya bahwa Ilmu Munasabah yang merupakan cabang ulum al-Qur’an, telah mendapatkan perhatian khusus di kalangan para ulama. Sebab dengan ilmu ini dapat dijadikan sebagai ilmu pencarian korelasi dan hubungan baik antara kata, ayat, maupun surah dalam al-Qur’an. Hal ini bertujuan agar bisa lebih memahami al-Qur’an tersebut secara utuh dan menyeluruh terutama dalam penafsiran.
Di dalam ilmu Munasabah dapat dikelompokkan pada beberapa macam bentuk Munasabah yakni, Munasabah antar ayat, Munasabah antar surah, Munasabah antar permulaan surah dan penutup surah sebelumnya, Munasabah antara awal surah dan akhir surah.
Urgensi mempelari ilmu Munasabah al-Qur’an diantaranya; 1. Menemukan makna ayat yang tersirat dalam susunan dan urutan kalimat-kalimat, ayat-ayat, dan surah-surah al-Qur’an sehingga bagian-bagian dari al-Qur’an saling berhubungan dan tampak menjadi satu rangkaian yang utuh dan integral. 2.  Mempermudah pemahaman al-Qur’an. 3. Menolak tuduhan bahwa susunan al-Qur’an saling bertentangan atau kontradiktif.




0 comments:

Post a Comment