Social Icons

Pages

Labels

Tuesday, March 20, 2018

Lebih Dekat dengan Sunnah


Diantara sumber pengetahuan utama tentang agama Islam ini adalah hadis-hadis yang diriwayatkan dari Rasulullah SAW dan sahabat-sahabat mulia r.a. Hadis berfungsi untuk menjelaskan kandungan ayat-ayat Alquran dan menginformasikan tata cara ibadah dari Rasulullah serta upaya-upaya bagi manusia khususnya umat Islam agar selamat di perjalanan menuju kampung akhirat. Dari hadis manusia belajar adab, dari hadis manusia belajar akhlak, dari hadis manusia belajar ibadah-ibadah nafilah (tambahan) untuk mendatangkan keridhaan Allah SWT.
Allah berfirman dalam QS Al Jumu’ah/62 : 2
هُوَ الَّذِي بَعَثَ فِي الْأُمِّيِّينَ رَسُولًا مِّنْهُمْ يَتْلُو عَلَيْهِمْ آيَاتِهِ وَيُزَكِّيهِمْ وَيُعَلِّمُهُمُ الْكِتَابَ وَالْحِكْمَةَ وَإِن كَانُوا مِن قَبْلُ لَفِي ضَلَالٍ مُّبِينٍ
Terjemahannya:
Dialah yang mengutus seorang Rasul kepada kaum yang buta huruf dari kalangan mereka sendiri, yang membacakan kepada mereka ayat-ayat-Nya, menyucikan (jiwa) mereka dan mengajarkan kepada mereka Kitab dan Hikmah (Sunnah), meskipun sebelumnya, mereka benar-benar dalam kesesatan yang nyata,


Dalam ayat di atas Allah menyebut “Hikmah” yang berarti as-Sunnah (sesuatu yang datang dari Rasulullah berupa ucapan, perbuatan, dan takrir). Sebagai pelengkap, penjelas, penguat terhadap ayat-ayat Alquran yang turun dengan hukum-hukum yang bersifat global.
Sangat penting untuk mengetahui pertumbuhan dan perkembangan hadis dari masa ke masa. Dimulai dari masa kelahiran di zaman Rasulullah, masa penulisan pada generasi selanjutnya, masa pembukuan di zaman Imam Ahmad, Bukhari, Muslim dan yang seperiode dengan mereka, masa pentashihan untuk memberikan penilaian-penilaian kualitas, masa pengkajian dan sampai pada masa kontemporer hadis saat sekarang ini.
Perkembangan dan pertumbuhan hadis dari masa ke masa mengalami pasang surut dan dinamika yang kompleks. Dahulu para ulama hadis hidup berdekatan zaman dengan generasi terbaik umat Islam yaitu Salafus Shaleh, namun mereka kadang terkendala dengan kemampuan untuk mengumpulkan hadis yang tersebar di berbagai penjuru wilayah dunia Islam sehingga pendapat mereka kadang bertentanagan sesuai dengan hadis yang sampai kepada mereka sebagai sumber hukum.

Masa kini, para ulama lebih mudah untuk mendapatkan hadis-hadis yang bersebaran di penjuru dunia Karena telah dihimpun oleh-ulama-ulama yang telah mendahului dalam kebaikan. Namun tentunya memahami isi yang terkandung di dalamnya akan semakin sulit disebabkan semakin jauhnya dari zaman asal hadis itu, sehingga kultur, pemahaman dan penunjang lainnya untuk memahami hadis semakin berkurang. Namun upaya mereka untuk tetap mengkaji dan mentashih hadis-hadis Rasulullah adalah upaya yang datang dari Allah untuk menjaga kemurnian Islam dari orang-orang yng berusaha untuk merusknya, baik dari orang jahil Muslim, munafikin, dan kafirin yang benci dengan agama Allah.



0 comments:

Post a Comment